Nulis Artikel

Mau tulisan anda dimuat di Jurnal Floratek ?

Silakan sobat

Ini syaratnya

1. Penelitian atau survey bidang Agroteknologi, yang belum pernah dimuat di jurnal lain

2. Artikel yang dimuat dikenakan biaya cetak Rp 200.000,-

3. Formatnya normal atau hubungi email: hatta2ksg@gmail.com

Anda akan mendapat (dikirimi) dua buah Jurnal Floratek Edisi cetak.  Jurnal FLoratek edisi cetak  terbit setiap bulan April dan Oktober

This slideshow requires JavaScript.

PETUNJUK BAGI PENULIS

Naskah yang dikirim ke redaksi merupakan hasil penelitian yang belum pernah diterbitkan pada jurnal ilmiah lain.  Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris, diketik dalam ukuran A4 dengan spasi ganda, kecuali abstrak diketik dengan spasi tunggal. Jumlah halaman naskah  maksimum  15 halaman.  Naskah diketik dengan program pengolah kata Microsoft Word dengan tipe huruf Times New Roman 12.

  1. Naskah dikirim ke redaksi dalam dua bentuk, hardcopy dan softcopyHardcopy sebanyak dua eksemplar dan softcopy-nya dikirim dalam bentuk CD atau email ke alamat hatta2ksg@gmail.com.  Naskah yang memenuhi syarat akan diterbitkan.
  2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis dianjurkan mencantumkan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi.
  3. Artikel ditulis dengan format sebagai berikut. Judul artikel ditulis dengan huruf kapital kecuali bahasa latin, ditempatkan di tengah-tengah, dengan huruf 12 poin. Judul artikel bahasa Inggris ditulis dengan huruf italic, dengan huruf 12 poin dan ditempatkan di tengah-tengah. Peringkat judul dan sub judul dari bagian-bagian naskah ditulis dengan jenis huruf yang berbeda, seperti berikut.

PERINGKAT 1 adalah HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, DI TENGAH

Peringkat 2 adalah Semua Awal Kata Huruf Kapital, Tebal, Rata Tepi Kiri

Peringkat 3 adalah Awal kata saja huruf kapital, Tebal, Rata tepi kiri

  1. Sistematika artikel adalah judul, judul Inggris, nama penulis (tanpa gelar akademik), abstrak (maksimum 200 kata),  kata kunci, pendahuluan (yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan), metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, serta daftar pustaka.
  2. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.
  3. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun) bila di akhir kalimat dan berkurung (tahun) bila di awal atau di tengah kalimat.
  4. Daftar Pustaka  disusun dengan  tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

 

Buku

Soeseno, S. 1993.  Bercocok Tanam Secara Hidroponik.  Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Hartmann, H.T., D.E. Kester, and F.T. Davies, JR.  1990.  Plant Propagation: Principles and Practices.  Fitht Edition.  Prentice Hall, Inc., New Jersey.

 

Artikel dari jurnal atau majalah

Marliah, A. dan Jumini. 2010.  Respons bibit jarak pagar pada berbagai komposisi media tanam dan konsentrasi pupuk daun Novelgro.  J. Floratek 5: 54 – 64.

Artikel dari buku kumpulan artikel atau prosiding

Fikrinda.  2008.  Efek fungi mikoriza arbuskula  dan pupuk kandang  terhadap kandungan bahan organik dan salinitas pada rizosfer jagung di lahan terkena tsunami.  h. 75 – 80.  Dalam Samadi et al. (Eds.).  Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Antar Universitas “Sains dan Teknologi”.  Banda Aceh, 10 – 12 Maret 2008.

Artikel dalam koran

Miksalmina.  30 September 2010.  Sampah dan Gaya Hidup.  Serambi Indonesia. h.18.

 

Tulisan  atau berita dalam koran (tanpa nama pengarang)

Serambi. 1 Oktober, 2010.  Tamiang Mulai Produksi Benih Padi.  Serambi Indonesia.  h.11.

 

Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian

Apriansyah, D.  2010.  Pengaruh Pemberian Pupuk dan Pembumbunan terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Tanah (Arachis yupogaea L.). Skripsi tidak diterbitkan.  Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Makalah seminar, lokakarya, dan penataran

Mukhadis, A.  2010.  Mekanisme dan Teknik Penyuntingan Artikel Jurnal.  Materi Tayangan dalam Penataran Lokakarya Nasional Pengelolaan dan Penyuntingan Jurnal Ilmiah, 22 – 25 Juli 2010.  Universitas Negeri Malang, Malang.

 

Internet

Hatta, M.  2008.  Memanfaatkan Koran Bekas Sebagai Mulsa. http://emhatta.wordpress.com/2008/08/08/memanfaatkan-koran-bekas-sebagai-mulsa/. Diakses 1 Oktober 2010.

 

Internet tanpa nama pengarang

Sinar Tani. 2010.  Membuat Kompos dari Kotoran Sapi. http://www.sinartani.com/mimbarpenyuluh/membuat-pupuk-kompos-kotoran-sapi-1225076328.htm.  Diakses 1 Oktober 2010.

4 responses to this post.

  1. Kok belum ada yang komen nih? Tks buat artikel menariknya ini… Salam sukses selalu…

    Reply

  2. mna smua comentarnya pak

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: