PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS BAHAN AMELIORAN TERHADAP SIFAT KIMIA BAHAN TANAH GAMBUT HEMIK

Application of Ameliorants on Chemical Properties of Hemic Peat Soil

Zuraida

ABSTRACT

The study was aimed at determining kinds of ameliorants that increase fertility on Hemic Peats Soil. The experiment was arranged in a completely randomized design (CRD) with 6 treatments and 4 replications. The result showed that the ameliorants increased pH (H2O), exchangeable cations (K, Na, Ca, Mg) and base saturation. Sawdust had the highest ability to increase base saturation, K, and Na. Lime had the highest ability to increase pH (H2O), Ca, and Mg. Sawdust increased fertility hemic peats soil better than lime.

Keywords: Ameliorants, chemistry properties, Hemic, Peat Soil, exchangeable cation, base saturation

 

 

PENDAHULUAN

Usaha ekstensifikasi dihadapkan pada semakin berkurangnya lahan-lahan produktif. Proyeksi kebutuhan lahan sampai tahun 2020 akan mencapai lebih kurang 70.88 juta ha dibandingkan dengan kebutuhan lahan pada tahun 1990 yaitu seluas 37.0 juta ha (Lopulisa dan Siddieq, 1998). Permintaan lahan yang sangat besar di masa mendatang akan menyebabkan meningkatnya penggunaan lahan marginal termasuk tanah gambut.

Tanah gambut adalah tanah yang mengandung minimal 30 % bahan organik dengan ketebalan kumulatif 40 cm atau lebih (Soil Survey Staff, 1998). Penyebaran tanah gambut di Indonesia cukup luas, terutama di jumpai di sepanjang pantai Timur Sumatera, pantai Selatan dan Barat Kalimantan dan pantai Selatan Irian Jaya, sebagian besar masih merupakan hutan dan hanya sebagian kecil yang sudah diusahakan menjadi lahan pertanian atau perkebunan..

Di Indonesia tanah gambut merupakan jenis tanah terluas kedua setelah Podsolik dan Indonesia menempati urutan ke-empat yang memiliki lahan gambut terluas di dunia setelah Kanada dan Amerika Serikat (Radjagukguk dan Setiadi, 1997). Keberhasilan pemanfaatan gambut untuk usaha budidaya masih jauh dari yang diharapkan, karena ada kendala yang berasal dari sifat-sifat gambut bawaan (inherent properties) serta paket teknologi reklamasi yang diterapkan belum memadai.

Pada kondisi alami, tanaman pertanian umumnya sulit tumbuh di tanah gambut disebabkan faktor penghambat yang dimiliki tanah gambut begitu kompleks mencakup kesuburan kimia, fisik dan biologi yang kurang menguntungkan. Ditinjau dari sifat fisikokimia tanah, masalah yang paling umum dijumpai antara lain disebabkan pH rendah, kejenuhan basa rendah, KTK tinggi, rasio C/N tinggi, serta ketersediaan unsur hara makro dan mikro rendah. Faktor-faktor penghambat lainnya seperti keberadaan asam organik yang bersifat toksik, drainase yang buruk tidak menunjang terciptanya laju penyediaan hara yang cukup bagi tanaman. Dengan demikian usaha ekstensifikasi pertanian pada tanah gambut menghadapi berbagai kendala.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan produktivitas tanah gambut Indonesia diantaranya dengan penggunaan tanah mineral (Salampak, 1999), serbuk gergaji, terak baja, kapur dan pupuk (Hartatik, Suriadikarta, dan Widjaja Adhi, 1995), kation polivalen (Rachim, 1995), abu volkan (Setiadi, 1997; Zuraida, 1999), dan lumpur laut (Nurhayati, 2008). Penggunaan beberapa bahan amelioran tersebut telah dicobakan untuk meningkatkan ketersediaan hara dan hasil tanaman serta telah diaplikasikan pada lahan gambut di Sumatera Selatan dan Kalimantan.

Oleh karena itu perlu kiranya dilakukan penelitian penggunaan beberapa bahan amelioran tersebut pada bahan tanah gambut hemik Aceh Jaya sehingga dapat diketahui seberapa besar pengaruhnya terhadap perbaikan tanah gambut Aceh Jaya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai jenis bahan amelioran terhadap beberapa sifat kimia bahan tanah gambut hemik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: