PENGARUH PENAMBAHAN BAHAN ORGANIK PADA TANAH BEKAS TSUNAMI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BEBERAPA VARIETAS KACANG HIJAU DI DESA BLANG KRUENG

Muhammad Hatta dan Nurhayati

 

ABSTRACT

The experiment was aimed at studying dosages of organic matter for growth and production of several varieties of mung bean in the tsunami affected land. The experiment was conducted at Blang Krueng Village, a tsunami affected area, from July to September 2006. The experiment applied factorial completely randomized design with three replicates. Two factors were studied, i.e. varieties and dosages of organic matter. Varieties were consisted of Gelatik, Parkit, and local while dosages were consisted of 0, 10, 20, and 30 t/ha. The results showed that varieties significantly afffected dried weight of grain per plot, but did not significantly affect other variables. Parkit variety had the best one. Dosages of organic matter did not significantly affect variables observed.


PENDAHULUAN

Tanaman kacang hijau (Vigna radiata L.) memegang peranan penting dalam menunjang program diversifikasi pangan. Tanaman yang mengandung berbagai vitamin ini memiliki potensi yang sangat besar, sehingga produksinya perlu terus ditingkatkan. Namun, lahan pertanian yang subur untuk pengembangan tanaman ini relatif terbatas. [1]

Kesulitan akan lahan ini diperburuk dengan adanya tsunami. Daerah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang terkena musibah tsunami pada tanggal 26 Desember 2004 telah menyebabkan kerusakan lahan pertanian yang cukup parah.

Salah satu faktor pembatas dalam pemanfaatan lahan bekas tsunami adalah kesuburan tanahnya telah menurun, akibat terkontaminasi garam-garam yang terbawa oleh air tsunami. Garam-garam ini menyebabkan salinitas tanah meningkat dan ini akan menurunkan laju nitrifikasi.

Menurut Kissel et al. (1997), penurunan laju nitrifikasi biasanya diikuti dengan meningkatnya potensial osmotik larutan tanah, sehingga hanya sedikit organisme dalam tanah yang toleran terhadap salinitas. Selanjutnya Tan (1991) menambahkan kehadiran ion Na+ pada tanah yang salin dalam jumlah yang tinggi dapat membuat partikel tanah tersuspensi sehingga dapat menurunkan porositas tanah dan aerasi.

Peningkatan laju nitrifikasi pada tanah salin dapat dilakukan dengan pemberian bahan organik yang memiliki kandungan unsur hara nitrogen. Penambahan bahan organik pada reklamasi tanah bekas tsunami sebagai pupuk organik pada lahan pertanian diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian dan dapat dimanfaatkan sebagai alternative pengganti penggunaan pupuk anorganik.

Menurut Buckman dan Brady (1982) penambahan bahan organik dapat memperbaiki sifat-sifat tanah, baik fisik, kimia, maupun biologi tanah. Lebih lanjut Syarief (1986) menyatakan, disamping dapat menambah unsur hara ke dalam tanah, bahan organik juga dapat mempertinggi humus, memperbaiki struktur tanah, dan mendorong kehidupan/kegiatan jasad renik di dalam tanah. Bahan organik ini dapat memberikan sumber energi bagi mikroorganisme tanah untuk membentuk nitrat tanah yang merupakan unsur hara yang sangat diperlukan tanaman.

Selama pertumbuhan dan perkembangannya dari mulai berkecambah sampai kemudian menghasilkan buah atau bagian lainnya yang dipanen, tanaman membutuhkan unsur hara. Tidak tersedianya unsur hara bagi tanaman akan menyebabkan pertumbuhannya terganggu dan menurunnya produksi.

Salah satu alternatif peningkatan kesuburan lahan pertanian kacang hijau pada reklamasi tanah bekas tsunami adalah dengan memberikan bahan organik berupa pupuk kandang. Namun, berapa dosis pupuk kandang yang sesuai bagi beberapa varietas kacang hijau pada lahan yang terkena tsunami belum diketahui. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui dosis pupuk kandang yang tepat bagi tiga varaietas kacang hijau yang dicobakan terhadap pertumbuhan dan produksinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: