Suhu Periode Masak terhadap Viabilitas Benih Padi

 Cut Nur Ichsan

ABSTRAK

Penelitian tentang pengaruh varietas dan suhu pada tahap pemasakan terhadap viabilitas dan vigor benih padi telah dilakukan di Laboratorium Benih Fakultas Pertanian Unsyiah.  Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi viabilitas dan vigor benih akibat varietas dan suhu.  Varietas yang dicobakan adalah Cisantang, Kalimas, Ciherang, Widardan IR 64.Suhu yang dicoba adalah: 27-32 oC  dan 30-38 oC.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas tidak berpengaruh nyata terhadap potensi tumbuh, daya berkecambah, kecepatan tumbuh, keserempakan tumbuh, T50 dan berat kering kecambah normal benih padi. Sebaliknya, suhu berpengaruh nyata terhadap kecepatan tumbuh, dan berpengaruh sangat nyata terhadap T50 benih padi tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap peubah viabilitas benih  dan peubah vigor benih lainnya.  Suhu 27-32 oC  memberikan hasil lebih baik.

 

Kata kunci : viabilitas, vigor, varietas dan suhu

PENDAHULUAN

 Mutu benih mencakup mutu genetis, mutu fisiologis dan mutu fisis. Mutu genetis ditentukan oleh derajat kemurnian genetis sedangkan mutu fisiologis ditentukan oleh laju kemunduran dan vigor benih. Mutu fisis ditentukan oleh kebersihan fisis (Sadjad, 1972).  Vigor dicerminkan oleh vigor kekuatan tumbuh dan daya simpan benih. Kedua nilai fisiologis ini memungkinkan benih tersebut untuk tumbuh menjadi normal meskipun keadaan biofisik dilapangan produksi sub optimum. Tingkat vigor tinggi dapat dilihat dari penampilan kecambah yang tahan terhadap berbagai faktor pembatas yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Sadjad (1993) menyatakan bahwa ketahanan terhadap faktor pembatas juga dipengaruhi oleh mutu genetis yang dicerminkan oleh varietas.

Varietas yang lebih dapat beradaptasi dengan kondisi daerah tropis dengan panjang hari yang netral disebut varietas dari ecotype indica. Bimas Deptan (1997) mengemukakan bahwa perbedaan ecotype dipengaruhi oleh keadaan letak geografis  sehingga mempengaruhi fotoperiodebitas tanaman berupa daya merumpun, panjang malai dan tinggi rendahnya hasil serta pengaruh agronomis lainnya.

Peningkatan benih padi dengan jumlah dan mutu yang tinggi memerlukan usaha produksi benih yang dilakukan di daerah dengan kondisi alam yang paling baik bagi pertumbuhan tanaman. Laingkungan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan mutu benih  dapat dibagi ke dalam faktor lingkungan dan faktor sarana produksi yang diberikan oleh manusia. Faktor lingkungan alamiah hampir tidak dapat diubah oleh manusia tetapi bila faktor ini kurang sesuai maka manusia berusaha untuk mengubahnya guna memperoleh hasil yang dikehendaki, misalnya temperatur (Mugnisyah dan Setiawan, 1995)

Tanaman padi dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang berhawa panas dengan temperatur yang melebihi 23 oC. Temperatur tinggi beragam selama kemasakan benih dapat menyebabkan rendahnya berat bulir. Peningkatan bulir yang tidak sempurna . peningkatan butiran padi yang memutih sehingga berpengaruh terhadap mutu benih (AAK, 1992 ; Tashiro dan Wardlow ; 1989).

Varietas padi dari ecotype indica yang terbiasa hidup dalam lingkungan dengan temperatur yang tinggi akan mempunyai daya adaptasi yang berbeda terhadap temperatur tinggi, sehingga akan tetap menghasilkan benih dengan kualitas yang tinggi. Tetapi sampai dimana kualitas benih tersebut dipengaruhi oleh faktor varietas dan temperatur selama masa pematangan tanaman induknya belum mendapat informasi yang detail, sehingga perlu dilakukan pengujian viabilitas dan vigor untuk menjelaskan fenomena tersebut.


2 responses to this post.

  1. Posted by khairina on October 21, 2012 at 1:58 pm

    Assalamua’laikum pak, terima kasih sebelumnya, tulisan ini sangat membantu saya untuk menyelesaikan sinopsis PK saya.. semoga tetap sukses!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: